Friday, August 8, 2008

08-08-08

Orang begitu menyukai keajaiban suatu fenomena. Malah saking sukanya, mereka menafsirkan suatu fenomena melebihi hakikat dari fenomena atau kejadiannya itu sendiri. Ingatkah kita akan hiruk-pikuk orang menyambut pergantian milenium baru, 00.00.00. Isu Y2K dan milenium bug (yang mungkin memang benar di sekitaran dunia IT), berkembang menjadi isu-isu yang nggak jelas juntrungannya. Orang begitu terpesona pada fenomena angka sehingga lupa bahwa alam sebenarnya sekedar berjalan seperti apa adanya. Orang juga lupa bahwa pergantian milenium sebenarnya lebih tepat pada 00.00.01. Betulkah?
Keasyikan pada fenomena rupanya juga merasuki daratan arab yang sebenarnya relatif bersih dari hal-hal takhyul. Salah satunya Bahrain. Karena begitu terpikatnya pada fenomena angka, mereka memulai hajatan besarnya, gelaran F1 pertama kalinya pada 04-04-04.







Kini, di tahun 2008, Cina mendapat keberuntungan yang diibaratkan kejatuhan buah durian.. ah lebih pas apel. Dari mitos yang beredar, orang Cina begitu menyukai angka 8. Konon karena 8 merupakan angka tertinggi yang tarikan garisnya muter, nggak putus. Ibarat mendulang buah dari mitos yang disebarkannya, mereka berkesempatan mengagendakan pembukaan hajatan terbesar dalam sejarahnya, Olimpiade, tepat pada angka 08-08-08. The apple doesn't fall too far from the bountiful tree.

No comments: